Close

March 17, 2021

HASAN SUAEDI, Kisah Seorang Petani dengan keahlian Programing & Networking

The Legends adalah salah satu rangking tertinggi sebelum Glorious Mythic di Permainan yang menggurita dikalangan anak muda milenial, Mobile Legends. Kesolidan Tim dan kemampuan players dalam menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis tim adalah tantangan sekaligus ujian kekompakan tim. Mobile Legends merupakan hiburan dari seorang Hasan Suaedi, Kakomli Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan.

                Hasan Suaedi dilahirkan di Pasuruan, 03 Agustus 1989, ia merupakan keluarga Petani, anak pertama dari 3 bersaudara dari pasangan Moch. Abdul Salam dan Khalimah, Ayah Hasan Suaedi sampai sekarang masih aktif bekerja sebagai SATPAM Yayasan Darut Taqwa sembari bertani padi layaknya warga kampung di Desa Sengonagung.

                Mengenai keluarga, Hasan menikah dengan Wenny Adeningtyas, dilansir oleh www.smkdaruttaqwapurwosari.sch.id, yang kebetulan juga alumnus SMK Darut Taqwa tahun 2013, dimana Hasan dikaruniai 2 putra, kini mereka tinggal di Jl. SDN Sengon 2 Buluagung Wonowoso RT 22 RW 10 Dusun Pager Baran Desa Pager Kec. Purwosari.

                Karir Pendidikan SLTAnya ia selesaikan di SMK Darut Taqwa tahun 2007, berlanjut Gelar Sarjana Teknik Informatikanya ia selesaikan di Universitas Yudharta Pasuruan tahun 2011, berbekal keahlian sebagai Programmer, Networking dan Database Administrator ia pun memantapkan diri berlabuh pada dunia pendidikan.

                “sebagai seorang programmer, banyak hal yang diajarkan secara langsung di kelas secara cepat, terutama yang berkaitan dengan metodologi dan teori, namun dibutuhkan bertahun-tahun untuk membangun insting dalam menangani sebuah project“, pungkasnya gamblang setelah memberikan materi Konfigurasi server pada anak didiknya di XI TKJ 2.

                Bagaimana anda membangun insting anak didik? Sahut Mas Daniel yang semenjak awal nimbrung bersama tim literasi www.smkdaruttaqwapurwosari.sch.id.

  “Dengan sikap positif, harus dibangun sejak dini untuk menumbuhkembangkan rasa optimis dan percaya diri, saya terus menekankan latihan demi latihan melalui Diskusi Group dan Problem Solving”. Ujarnya sembari memberikan simulasi contoh terkait metode Problem Solving.

                ia juga menceritakan bagaimana rekam jejak Alumni TKJ, Abdul Wajid yang nekad dirikan JW.net sebagai IT Support sekaligus IT Konsultan, tentu kebanggaan tersendiri bagi keluarga TKJ di SMK Darut Taqwa.

                Salah satu sarana menuju pada keahlian anak didik, TKJ sediakan Unit Produksi & Jasa (UPJ), yang dikelola oleh Isna Marzuki Ahfa berupa Service Komputer, Administrasi Jaringan, Printer, Laptop maupun Handphone, Token Listrik, Bayar BPJS dll.

                Selain aktifitas mengajar, Hasan dikenal sebagai Petani yang ulet dan tekun, mulai bercocoktanam padi, cabai, timun, tomat, jahe. disamping karena profesi keluarga yang mendarah daging, ia seringkali jadikan alam sebagai pelarian inspirasinya ditengah kesibukannya kelola bisnis jaringan di rumah kediamannya. 

                Apalagi, konsentrasinya menciptakan Arduino, sebuah alat robotika berbasis sensor sangat menyita waktu.

written by AJ, 17 Maret 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *