DATA ISIAN AKREDITASI (DIA) SMK | REAKREDITASI


 

DATA ISIAN AKREDITASI (DIA) SMK   |   REAKREDITASI 

1.  Siswa menunjukkan perilaku disiplin dalam berbagai situasi

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

1

Tata tertib dan penegakannya yang mencakup hak, kewajiban,

 

 

 

 

 

penghargaan, dan sanksi (antara lain sistem poin)

 

 

 

 

2

Buku piket yang berisi keterlambatan siswa dan ketidakhadiran siswa di

 

 

 

 

 

sekolah/madrasah

 

 

 

 

3

Catatan guru/wali kelas dan tenaga kependidikan yang memuat

 

 

 

 

 

kedisiplinan waktu siswa

 

 

 

 

4

Jurnal kelas yang mencantumkan data ketidakhadiran siswa di kelas dan

 

 

 

 

 

data mata pelajaran yang diikuti siswa

 

 

 

2.  Siswa menunjukkan perilaku religius dengan pengamalannya dalam aktivitas di sekolah/madrasah

 

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

1

Catatan guru yang mencakup partisipasi siswa dan jenis kegiatan ibadah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sesuai ajaran agama/kepercayaan yang dianut & Catatan guru tentang

 

 

 

 

 

sikap toleran dan kerukunan hidup antarpemeluk agama/kepercayaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Laporan kegiatan pembiasaan perilaku religius siswa yang mencakup

 

 

 

 

 

agenda/jadwal dan jenis kegiatan & Laporan kegiatan peringatan hari

 

 

 

 

 

besar keagamaan yang mencakup jenis kegiatan dan partisipasi siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.    Siswa menunjukkan perilaku kerja keras, tangguh, dan bertanggung jawab dalam aktivitas di sekolah/madrasah

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

1

Portofolio tugas dalam pembelajaran yang mencakup materi dan nilai yang

 

 

 

 

 

diperoleh siswa

 

 

 

 

2

Laporan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler yang mencakup jenis

 

 

 

 

 

kegiatan, partisipasi siswa, dan dokumentasi kegiatan

 

 

 

4.  Siswa terbebas dari perundungan (bully) di sekolah/madrasah

 

 

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

1

Catatan guru/wali kelas yang mencakup jenis perundungan yang terjadi,

 

 

 

 

 

bentuk pembinaan yang diberikan, dan jenis sanksi yang diberikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Laporan kegiatan pencegahan perundungan yang mencakup agenda,

 

 

 

 

 

panduan, dan partisipasi siswa

 

 

 

 

3

Media afirmasi dalam bentuk poster/banner/spanduk/leaflet

 

 

 

5.  Siswa menunjukkan keterampilan berkomunikasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21

 

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

1

Portofolio/tugas yang mencakup tugas melalui media daring, media luring,

 

 

 

 

 

dan Nilai yang diperoleh siswa

 

 

 

 

2

Laporan hasil karya dan prestasi terkait keterampilan berkomunikasi yang

 

 

 

 

 

efektif secara lisan

 

 

 

 

3

Laporan hasil karya dan prestasi terkait keterampilan berkomunikasi yang

 

 

 

 

 

efektif secara tertulis

 

 

 

6.  Siswa menunjukkan keterampilan berkolaborasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21

 

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

1

Catatan penilaian sikap kolaborasi/kerja sama

 

 

 

 

2

Laporan kegiatan yang berisi partisipasi kolaborasi siswa dalam kegiatan

 

 

 

 

 

ekstrakurikuler

 

 

 

 

3

Laporan kegiatan yang berisi partisipasi kolaborasi siswa dalam kegiatan

 

 

 

 

 

OSIS

 

 

 

 

4

Laporan kegiatan bersama di luar sekolah/madrasah yang mencakup

 

 

 

 

 

jumlah dan jenis kegiatan serta data keterlibatan siswa

 

 

 

7.  Siswa menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah sesuai karakteristik abad ke-21

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

1

Portofolio/tugas dalam proses pembelajaran dan nilai yang diperoleh siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Hasil karya dan prestasi siswa yang menunjukkan keterampilan berpikir

 

 

 

 

 

kritis dan pemecahan masalah secara lisan maupun tulisan

 

 

 

8.  Siswa menunjukkan keterampilan kreativitas dan inovasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

1

Portofolio tugas pembelajaran yang mencakup materi tentang

 

 

 

 

 

pengembangan kreativitas dan inovasi, serta nilai yang diperoleh siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Laporan pelaksanaan kegiatan terkait keterampilan kreatif dan inovatif

 

 

 

 

 

yang mencakup jenis kegiatan, data partisipasi siswa, data karya dan

 

 

 

 

 

prestasi, dan dokumentasi kegiatan

 

 

 

 

 

Laporan prestasi siswa

 

 

 

 

3

Laporan pelaksanaan kegiatan terkait keterampilan kreatif dan inovatif

 

 

 

 

 

yang mencakup jenis kegiatan, data partisipasi siswa, data karya dan

 

 

 

 

 

prestasi, dan dokumentasi kegiatan

 

 

 

 

 

Bukti keikutsertaan dalam kegiatan lomba yang terkait dengan minat dan

 

 

 

 

 

bakat

 

 

 

9.    Siswa menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

1

Laporan daring/luring tentang partisipasi siswa dalam kegiatan lomba yang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

terkait dengan pengembangan minat dan bakat, serta tautan media sosial

 

 

 

 

 

Bukti keikutsertaan dalam kegiatan lomba yang terkait dengan minat dan

 

 

 

 

 

bakat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Laporan daring/luring tentang prestasi/penghargaan dalam kegiatan

 

 

 

 

 

pengembangan minat dan bakat, serta tautan media sosial.

 

 

 

 

 

Laporan prestasi siswa

 

 

 

10. Siswa menunjukkan peningkatan prestasi belajar

 

 

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

1

Data nilai ujian sekolah/madrasah dalam 3 (tiga) tahun terakhir

 

 

 

 

2

Leger nilai kelas akhir dalam 3 (tiga) tahun terakhir

 

 

 

11. Pemangku kepentingan (stakeholders) puas terhadap mutu lulusan sekolah/madrasah

 

 

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

1

Laporan hasil tracer study tentang kepuasan pemangku kepentingan

 

 

 

12. Proses pembelajaran berlangsung secara aktif dengan melibatkan seluruh siswa dan mengembangkan 

keterampilan berpikir tingkat tinggi sehingga terjadi proses pembelajaran yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran pada satuan Pendidikan

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

1

Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) [Telaah RPP dilakukan ketika

 

 

 

 

 

asesor melakukan observasi]

 

 

 

 

2

Lembar Praktikum/Lembar Praktik/Lembar Kerja Siswa

 

 

 

13. Penilaian proses dan hasil belajar digunakan sebagai dasar untuk perbaikan dan dilaksanakan secara

 

 

sistemis

 

 

 

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

1

Rencana pembelajaran (RPP)

 

 

 

 

2

Kisi-kisi soal dan instrumen penilaian (formatif dan sumatif)

 

 

 

 

3

Hasil penilaian (formatif dan sumatif)

 

 

 

14.

Program remedial dan/atau pengayaan diberikan kepada siswa yang memerlukan

 

 

 

 

No.

Dokumen

 

Ketersediaan

 

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

 

1

Catatan/Daftar Penilaian dan Hasil Analisis Pencapaian Kompetensi

 

 

 

 

 

2

Dokumen Program Pelaksanaan Remedial/ Pengayaan

 

 

 

 

15.

Siswa berpartisipasi aktif dalam belajar dan suasana pembelajaran di kelas menyenangkan

 

16.

Guru melakukan pembiasaan literasi membaca dan menulis

 

 

 

 

No.

Dokumen

 

Ketersediaan

 

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

 

1

Dokumen program sekolah/madrasah yang terkait dengan pelaksanaan

 

 

 

 

 

 

literasi membaca dan menulis

 

 

 

 

 

2

Dokumen publikasi dan lomba karya Literasi siswa

 

 

 

 

17. Guru menciptakan suasana belajar yang memperhatikan keamanan, kenyamanan, kebersihan, dan memudahkan siswa untuk belajar

18.

Sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah/madrasah dimanfaatkan dengan optimal dalam proses

 

 

pembelajaran

 

 

 

 

No.

Dokumen

 

Ketersediaan

 

 

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

 

1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) [Cermati tentang penggunaan

 

 

 

 

 

 

sarana dan prasarana sebagai media dan sumber belajar]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Daftar Inventaris Media/Sumber belajar

 

 

 

 

19.   Guru menyusun perencanaan pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif dengan mengoptimalkan lingkungan dan memanfaatkan TIK atau cara lain yang sesuai dengan konteksnya

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) [Cermati tentang penggunaan

 

 

 

 

sarana dan prasarana sebagai media dan sumber belajar]

 

 

 

20. Guru melakukan evaluasi diri, refleksi dan pengembangan kompetensi untuk perbaikan kinerja secara berkala

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

Laporan kegiatan guru dalam evaluasi dan refleksi diri berdasarkan hasil

 

 

 

 

penilaian siswa, teman sejawat, kepala sekolah/madrasah, dan hasil

 

 

 

 

rekaman audio/video/CCTV.

 

 

 

 

Laporan evaluasi dan refleksi diri (sampel laporan evaluasi diri dari 3

 

 

 

 

orang guru dengan mapel berbeda)

 

 

 

2

Laporan kegiatan guru dalam evaluasi dan refleksi diri berdasarkan hasil

 

 

 

 

penilaian siswa, teman sejawat, kepala sekolah/madrasah, dan hasil

 

 

 

 

rekaman audio/video/CCTV.

 

 

 

 

Laporan umpan balik dari siswa (3 orang guru dengan mapel berbeda)

 

 

 

3

Laporan kegiatan guru dalam evaluasi dan refleksi diri berdasarkan hasil

 

 

 

 

penilaian siswa, teman sejawat, kepala sekolah/madrasah, dan hasil

 

 

 

 

rekaman audio/video/CCTV.

 

 

 

 

Laporan umpan balik dari teman sejawat (3 orang guru dengan mapel

 

 

 

 

berbeda)

 

 

 

4

Dokumen kegiatan diseminasi hasil evaluasi dan refleksi guru kepada

 

 

 

 

teman sejawat yang difasilitasi oleh sekolah (seperti: daftar hadir, notulen,

 

 

 

 

foto, atau video)

 

 

 

21.   Guru melakukan pengembangan profesi berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

Dokumen kegiatan pengembangan profesi guru

 

 

 

 

Laporan kegiatan pengembangan profesi guru : undangan, surat tugas,

 

 

 

 

daftar hadir, materi paparan, foto kegiatan, laporan kegiatan

 

 

 

2

Dokumen kegiatan sharing/desiminasi hasil pengembangan profesi guru

 

 

 

 

Dokumen kegiatan diseminasi hasil pengembangan profesi guru: makalah,

 

 

 

 

video, buku, karya ilmiah, jurnal, paparan (PPT), artikel, panduan

 

 

 

 

 

 

 

 

22. Guru mengembangkan strategi, model, metode, teknik, dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

1

Rencana pembelajaran (RPP)

 

23.   Sekolah/madrasah mengembangkan, menyosialisasikan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

Dokumen rapat penyusunan RKS/RKAS/RAPBS/ Pengembangan

 

 

 

 

sekolah/madrasah

 

 

 

2

Rencana Kerja Sekolah/Madrasah (RKS/M) 2 (dua) periode

 

 

 

3

Dokumen sosialisasi visi dan misi

 

 

 

4

Laporan kegiatan pelaksanaan program

 

 

 

5

Dokumen hasil evaluasi tahunan pencapaian visi, misi, tujuan, dan rencana

 

 

 

 

sekolah

 

 

 

6

Dokumen rekomendasi dari hasil evaluasi (notulen rapat)

 

 

 

 

Dokumen visi misi versi sebelumnya dan versi setelah perbaikan

 

 

 

 

berdasarkan rekomendasi

 

 

 

24.   Kepala sekolah/madrasah menunjukkan kompetensi supervisi akademik untuk membantu guru mewujudkan pembelajaran yang bermutu

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

Program/rencana pelaksanaan supervisi dan SK penugasan supervisor.

 

 

 

 

Tertuang dalam :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dokumen Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) (1 tahun)

 

 

 

 

Dokumen Rencana Kerja Sekolah (RKS) 4 tahun

 

 

 

2

Dokumen hasil supervisi 3 (tiga) tahun terakhir

 

 

 

3

Dokumen dalam bentuk jadwal pelaksanaan supervisi sekurang-kurangnya

 

 

 

 

3 (tiga) terakhir

 

 

 

25.   Kepala sekolah/madrasah secara konsisten, partisipatif, kolaboratif, transformatif, dan efektif memimpin guru, tenaga kependidikan, dan siswa untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam usaha pengembangan kegiatan/program sekolah/madrasah untuk mencapai visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

Dokumen RKS/RKAS 2 (dua) periode

 

 

 

2

Dokumen rapat penyusunan RKS/RKAS

 

 

 

3

Laporan kegiatan pelaksanaan program

 

 

 

 

Laporan kegiatan pelaksanaan program yang melibatkan warga sekolah

 

 

 

 

dan pemangku kepentingan, bisa berupa: video dan/atau foto

 

 

 

4

Laporan kegiatan pelaksanaan program

 

 

 

 

Laporan kegiatan pelaksanaan program kreatif dan inovatif berupa: video

 

 

 

 

dan/atau foto hasil karya guru/siswa, karya ilmiah

 

 

 

26.   Sekolah/madrasah membangun komunikasi dan interaksi antara warga sekolah/madrasah (siswa, guru, kepala sekolah/madrasah, tenaga kependidikan), orang tua, dan masyarakat untuk mewujudkan keharmonisan internal dan eksternal sekolah/madrasah

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

1

Dokumen kerja sama sekolah/madrasah dengan orang tua siswa dengan masyarakat sekitar (dokumen rapat, foto, atau video)

 

27.   Sekolah/madrasah melakukan pembiasaan; aman, tertib, bersih, dan nyaman untuk menciptakan lingkungan sekolah/madrasah yang kondusif

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

Dokumen pelaksanaan kegiatan kebersihan sekolah/madrasah, misalnya dokumen pembagian tugas di bidang kebersihan, jadwal kebersihan, dan dokumentasi kegiatan

 

28.   Sekolah/madrasah melibatkan orang tua siswa dan masyarakat dari berbagai kalangan dalam perencanaan, pelaksanaan program, dan kegiatan sekolah/madrasah

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

Dokumen rapat penyusunan RKS/RKAS/RAPBS/Pengembangan

 

 

 

 

sekolah/madrasah

 

 

 

2

Laporan kegiatan penyusunan perencanaan, pelaksanaan, dan

 

 

 

 

pengawasan program sekolah/madrasah

 

 

 

29.   Sekolah/madrasah mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum secara sistematis, kreatif, inovatif, dan efektif

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

Notula raker/pertemuan penyusunan kurikulum sekolah/madrasah

 

 

 

2

Program/panduan pembelajaran sekolah/madrasah

 

 

 

3

Dokumen raker/rapat evaluasi yang berisi rekomendasi perbaikan hasil

 

 

 

 

evaluasi

 

 

 

4

Renstra atau rencana pengembangan kurikulum

 

 

 

5

Buku Leger atau Rekap Nilai

 

 

 

30.   Sekolah/madrasah menerapkan pengelolaan guru dan tenaga kependidikan secara efektif, efisien, dan akuntabel pada kegiatan rekrutmen, seleksi, penugasan, pengembangan kompetensi, penilaian kinerja, kompensasi, dan penghargaan/sanksi

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

Panduan atau SOP pelaksanaan tugas guru/tenaga kependidikan

 

 

 

2

Dokumen penugasan guru/tenaga kependidikan

 

 

 

3

Dokumen Penilaian Kinerja

 

 

 

4

Panduan atau SOP pelaksanaan tugas guru/tenaga kependidikan

 

 

 

5

Bukti penghargaan/sanksi

 

 

 

31.   Sekolah/madrasah melaksanakan pengelolaan sarana dan prasarana dengan baik untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

Panduan / SOP Pengelolaan sarpras

 

32.   Sekolah/madrasah mengelola anggaran pendapatan dan belanja secara transparan dan akuntabel sesuai perencanaan

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

RAPBS

 

 

 

2

Dokumen rapat penyusunan RKS/RKAS/RAPBS/Pengembangan Sekolah/

 

 

 

 

Madrasah

 

 

 

3

Laporan kegiatan pelaksanaan dan pengawasan program sekolah /

 

 

 

 

madrasah

 

 

 

4

Dokumen Audit Pelaksanaan Anggaran/RAPBS

 

 

 

33.   Sekolah/madrasah menyelenggarakan pembinaan kegiatan kesiswaan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

Dokumen program/kegiatan ekstrakurikuler

 

 

 

2

Surat tugas pembina dan tim lomba/kompetisi

 

 

 

3

Bukti prestasi (Piagam dan/atau Piala)

 

 

 

34.   Sekolah/madrasah memberikan layanan bimbingan dan konseling siswa dalam bidang pribadi, sosial, akademik, pendidikan lanjut, dan karier untuk mendukung pencapaian dan pengembangan prestasi

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

Dokumen program layanan BK dalam bidang: pengembangan pribadi,

 

 

 

 

sosial, akademik, dan pendidikan lanjut/karir

 

 

 

2

Dokumen laporan layanan BK bidang: pengembangan pribadi, sosial,

 

 

 

 

akademik, dan pendidikan lanjut/karir

 

 

 

35.   Sekolah/madrasah melaksanakan Penjaminan Mutu Internal Sekolah/Madrasah setiap tahun terkait pencapaian standar nasional pendidikan, yang meliputi kegiatan: pelaksanaan evaluasi diri sekolah/madrasah (EDS/M), penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-S/M) yang merujuk pada rapor mutu

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

 

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

 

1

Dokumen evaluasi diri sekolah/madrasah

 

 

 

 

 

2

Dokumen RKA-S/M dan dokumen EDS/M

 

 

 

 

36.  Lulusan tahun terakhir SMK/MAK mempunyai sertifikat kompetensi sesuai kompetensi keahlian (KK)

 

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

 

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

 

1

Laporan yang berisi data lulusan terakhir yang mendapatkan sertifikat

 

 

 

 

 

 

kompetensi sesuai kompetensi keahliannya (lembaga pemberi sertifikat

 

 

 

 

 

 

dan proporsi lulusan yang memperoleh sertifikat)

 

 

 

 

 

2

Salinan sertifikat kompetensi lulusan tahun terakhir

 

 

 

 

37.

Lulusan SMK/MAK bekerja/berwirausaha

 

 

 

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

 

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

 

1

Laporan data lulusan yang bekerja di dunia kerja 3 (tiga) tahun terakhir per

 

 

 

 

 

 

kompetensi keahlian

 

 

 

 

 

2

Laporan data lulusan yang berwirausaha 3 (tiga) tahun terakhir per

 

 

 

 

 

 

kompetensi keahlian

 

 

 

 

38.

SMK/MAK menyelenggarakan unit produksi/business center/technopark

 

 

 

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

 

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

 

1

Dokumen pendirian/legalitas (SK Kepala Daerah/SK Disdik)

 

 

 

 

 

 

SK Pengurus

 

 

 

 

 

 

Struktur Pengurus

 

 

 

 

 

 

Uraian tugas pengurus

 

 

 

 

 

 

Daftar inventaris sarana/prasarana

 

 

 

 

 

2

Rencana Strategis (Renstra)/Rencana Bisnis Anggaran (RBA)/Program

 

 

 

 

 

 

kerja

 

 

 

 

 

 

SOP/SPM

 

 

 

 

 

 

Administrasi persuratan

 

 

 

 

 

 

Dokumentasi kegiatan

 

 

 

 

 

 

Laporan kegiatan produksi dan pemasaran

 

 

 

 

 

 

Laporan keuangan

 

 

 

 

 

 

Rapor Mutu sekolah/madrasah

 

 

 

 

39. Siswa melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL)

 

 

 

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

 

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

 

1

MoU antara SMK/MAK dengan dunia kerja

 

 

 

 

40. Guru melaksanakan kegiatan pelatihan asesor kompetensi atau magang di dunia kerja

 

 

 

 

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

 

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

41.   SMK/MAK memiliki jejaring/kerja sama dengan dunia kerja dan/atau lembaga-lembaga lain untuk meningkatkan mutu pembelajaran

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

Nota kerja sama (MOU) dengan beberapa dunia kerja dan/atau lembaga

 

 

 

 

lain:

 

 

 

 

sesuai dengan kompetensi keahlian

 

 

 

 

dalam pelaksanaan PKL siswa dan magang guru; dan

 

 

 

 

dalam pelaksanaan penerimaan dan penempatan lulusan

 

 

 

2

Dokumen kegiatan PKL siswa dan magang guru di dunia kerja dan/atau

 

 

 

 

lembaga lain

 

 

 

3

Dokumen kegiatan pembekalan PKL/magang dan pembelajaran dengan

 

 

 

 

menghadirkan guru tamu dari dunia kerja dan/atau lembaga lain

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Dokumen kegiatan penerimaan dan penempatan lulusan

 

 

 

42.   Sekolah/madrasah menggunakan prasarana praktik yang dimiliki secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas proses belajar siswa

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

 

Ada

 

Tidak Ada

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

43.   Sekolah/madrasah menggunakan sarana pembelajaran praktik kejuruan yang dimiliki secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas proses belajar siswa

 

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

Daftar sarana pembelajaran praktik kejuruan pada masing-masing kompetensi keahlian

 

Daftar inventaris sarana pembelajaran praktik kejuruan berdasarkan jumlah dan jenis pada masing-masing kompetensi keahlian

 

 

Data penggunaan sarana pembelajaran praktik kejuruan pada masing-masing kompetensi keahlian

 

Laporan pemeliharaan sarana pembelajaran praktik kejuruan pada masing-masing kompetensi keahlian

 

Kartu pemeliharaan sarana pembelajaran praktik kejuruan pada masing-masing kompetensi keahlian

 

 

 

44.   Sekolah/madrasah mengelola Bursa Kerja Khusus (BKK) yang bertujuan untuk memberikan pelayanan informasi lowongan kerja, pelaksanaan pemasaran, penyaluran, dan penempatan tenaga kerja dari tamatan sekolah/madrasah

No.

Dokumen

Ketersediaan

 

Ada

Tidak Ada

 

 

 

 

1

Surat Penugasan Tim Pengelola BKK

 

 

 

2

Program Kerja BKK tentang pemberian layanan informasi lowongn kerja

 

 

 

 

Data jejaring dan informasi lowongan kerja

 

 

 

 

Program Kerja BKK tentang pemberian pelayanan pemasaran, penyaluran,

 

 

 

 

dan penempatan tenaga kerja

 

 

 

 

Laporan kegiatan pemasaran, penyaluran, dan penempatan tenaga kerja

 

 

 

 

dari tamatan

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

×

assalamualaikum

× chat saja